Instruktur Beri Materi Layanan UPT Bahasa di PPMB 2020

Sebagai upaya mengenalkan layanan UPT Bahasa kepada mahasiswa baru, sebanyak 11 instruktur bahasa di UPT Bahasa diterjunkan dalam kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa Baru (PPMB) 2020 di seluruh fakultas di Universitas Jember. Pemberian materi ini dilaksanakan secara daring (online) mulai tanggal 10 Oktober hingga 14 November 2020 dengan mengikuti jadwal yang disediakan fakultas. PPMB ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru di seluruh fakultas.

Dalam materi Layanan UPT Bahasa dijelaskan pengenalan UPT Bahasa secara menyeluruh, antara lain sejarah berdirinya UPT Bahasa, misinya, hingga program layanan bahasa. Para instruktur menyampaikan materinya dengan mengikuti panduan yang sudah disiapkan UPT Bahasa yang meliputi pelatihan, tes, penerjemahan. Melalui aplikasi Zoom, para pemateri memaparkan materi layanan UPT Bahasa yang dibantu moderator/admin Zoom.

Untuk diketahui, tahun 2020 ini Universitas Jember menerima 7.930 mahasiswa baru. Para mahasiswa baru Universitas Jember ini terdiri dari 7.131 mahasiswa jenjang sarjana (S-1) dan 799 mahasiswa jenjang diploma (D-3) yang tersebar di empat kampus. Mereka ada di Kampus Tegalboto di Jember, Kampus Bondowoso sebanyak 407 orang, Kampus Lumajang sebanyak 134 orang dan Kampus Pasuruan sejumlah 112 orang. Untuk diketahui, khusus di Kampus Lumajang dan Pasuruan untuk saat ini hanya membuka Program Studi Diploma Keperawatan.

Meskipun dilaksanakan secara daring, minat mahasiswa untuk mengenal lebih jauh dan mendapatkan layanan UPT Bahasa tergolong tinggi. Terbukti dari banyaknya pertanyaan yang diajukan mahasiswa meskipun sebagain besar dari mereka tidak mengetahui keberadaan UPT Bahasa secara fisik mengingat masa pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir. Mahasiswa melaksanakan segala kegiatannya secara daring, baik perkuliahan maupun ekstrakurikuler, termasuk PPMB ini.

Dengan adanya pengenalan ini diharapkan mahasiswa setidaknya mengetahui adanya UPT Bahasa yang merupakan fasilitas bersama semua civitas akademika. Siapapun dari mereka dapat menggunakan layanan UPT Bahasa ini secara khusus, dengan berbiaya murah, bahkan gratis, efektif, dan didukung kulitas sumberdaya manusia yang sangat baik.

Previous Article
Next Article