English Club MIPA Ikuti Pelatihan Motivasi Berbahasa Inggris

Sebagai upaya memkasimalkan penggunaan bahasa Inggris di kalangan mahasiswa MIPA Program Studi Matematika, English Club MIPA Universitas Jember menyelenggarakan Pelatihan Motvasi Berbahasa Inggris atau Training on English Achievement Motivation (TEAM) pada hari Minggu, 29 November 2020. Hadir sebagai pemateri, motivator bahasa Mohammad Fadil yang sekaligus sebagai perancang TEAM. Sebanyak 40 peserta mahasiswa anggota English Club hadir pada kegiatan pelatihan itu yang semuanya merupakan mahasiswa program studi Matematika FMIPA Unej.

Dalam pelatihan yang berlangsung selama mulai pukul 13.00 itu, peserta mendapat suntikan motivasi dari motivator/trainer mengenai pentingnya menjaga semangat berbahasa Inggris kapanpun dan di manapun. Selain memberikan materi teori, pelatihan yang dilaksanakan dalam bahasa Inggris ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk praktek bersama kelompok. Karena situasi pandemi, pelatihan dilaksanakan secara daring (online) melalui aplikasi Zoom. Namun, hal itu tidak mengurangi semnagat peserta untuk mengikuti pelatihan hingga akhir.

Febia Zein Aziza, Ketua English Club, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya atas kehadiran dan semangat anggota club untuk hadir mengikuti pelatihan tersebut. “Walaupun siang hari dan cuaca sedang hujan yang membuat kita ingin bermalas-malasan saja, saya bangga kepada semua anggota English Club karena masih mau meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan ini,” katanya.

Dalam pelatihan ini, mahasiswa diingatkan kembali tentang sederhananya bahasa Inggris untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bersama teman yang memiliki pemahaman dan semangat yang sama untuk menggunakan bahasa Inggris. “Kita yang terlibat dalam English Club ini sangat beruntung karena dekat dengan situasi bahasa Inggris. Kita sudah memiliki teman, mentor, senuor, dan komunitas berbahasa Inggris. Ini anugerah yang luar biasa untuk membiasakan berbahasa Inggris bersama komunitas kita,” kata Fadil, berbicara kepada mahasiswa MIPA tersebut dalam bahasa Inggris.

English Club MIPA merupakan salah satu organisasi mahasiswa MIPA Unej yang mengakomodasi mahasiswa yang berminat mengembangkan kemampuan bahasa Inggrisnya. Sebelum pandemi English Club ini rutin mengadakan pertemuan dalam rangka mengembangkan kemampuan bahasa Inggris anggotanya. Dengan pelatihan ini, walaupun dilaksanakan secara daring, anggota English Club masih dapat menemui aktivitas yang bermanfaat bagi pengembangan bahasa Inggrisnya.

Previous Article