Wisuda Siswa ACCESS


Setelah dilatih kemampuan bahasa Inggris dan budaya Amerika selama 2 tahun dan diakhiri dengan mengikuti Exit Test, siswa ACCESS pada hari Sabtu, 21 November 2020 mengikuti wisuda bersama seluruh peserta dari seluruh wilayah Indonesia. Wisuda ini menandai berakhirnya program ACCESS yang diselenggarakan sejak Oktober 2018. UPT Bahasa yang dipercayai menangani program ini mendapatkan 60 siswa peserta ACCESS yang terdiri dari 40 siswa SMA/sederajat dan 20 mahasiswa Perguruan Tinggi.
Walaupun dilaksanakan secara daring (online), wisuda berjalan dengan khidmat. Sebanyak 251 peserta ACCESS yang mengikuti wisuda ini berasal dari seluruh wilayah Indonesia, antara lain Palangkaraya, Jember, Lampung, Serang, Ternate, dan Bima. Dalam wisuda itu hadir memberi sambutan Mrs. Rachel Cooke, kanselir diplomasi publik Kedutaan Amerika Serikat dan Mr. Brad Horn dari Regional English Language Officer (RELO) Jakarta.

Koordinator program ACCESS dari IIEF Jakarrta, Chandri Negara, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang tak terhingga atas dukungan dan kerja sama semua pihak, sehingga program Access 2018-2020 bisa terselesaikan dengan baik. “Tentunya siswa-siswi memiliki pencapaian yg membanggakan. Semua berkat Access teachers,” kata Chandri bangga

Sebagaimana diketahui, UPT Bahasa Universitas Jember dipercayai oleh Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta untuk menyelenggarakan program ACCESS yang merupakan beasiswa belajar bahasa Inggris bagi siswa dan mahasiswa. Program ini berjalan selama 2 tahun, mterhitung mulai Oktober 2018 hingga September 2020. Sebanyak 60 peserta mengikuti program ini setelah melalui seleksi yang sangat ketat. 60 peserta tersebut berasal dari SMA sebanyak 40 orang dan Perguruan Tinggi sebanyak 20 orang.

Selama 2 tahun peserta dilatih kemampuan bahasa Inggris dan budaya Amerika. Semua peserta mendapatkan pelatihan ini secara gratis karena biaya ditanggung sepenuhnya oleh Kedutaan Amerika Serikat. Selain itu, peserta juga mendapatkan uang transport perjalanan mereka dari rumah ke UPT Bahasa. Di era pandemi ini uang transport peserta diganti menjadi uang pulsa Internet.

Kharisma, salah satu siswa peserta program ACCESS, mengungkapkan kesannya terhadap progaram ACCESS. “Program ini sangat membantu siswa siswi yang ingin mendalami kemampuan berbahasa inggrisnya. Saya sangat bangga bisa ikut serta di program bergengsi ini, ujar siswa SMK Negeri 1 ini. Lebih lanjut, ia menagatakan bahwa selain mendapatkan wawasan yang lebih luas, di program ini ia bisa berkomunikasi dengan banyak koneksi, mempelajari berbagai budaya luar, dan berlatih untuk selalu percaya diri.

Instruktur ACCESS berasal dari tenaga-tenaga pengajar yang direkomendasikan UPT Bahasa, antara lain Areta Puspas (dosen FKIP Unej selaku koordinator), Mohammad Fadil dan Ghanesha Hari Murti (keduanya Instruktur UPT Bahasa Unej). Selain itu, ketiga instruktur tersebut didampingin para asisten yang diseleksi dan direkomendasikan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat, yaitu Wirdhatul Hasanah (alumni Sastra Inggris Unej), Milna Wardhatus Sholihah (alumni Pendidikan Bahasa Inggris Unej), dan Agga Dwika (mahasiswa tingkat akhir Pendidikan Bahasa Inggris Unmuh Jember).

Previous Article
Next Article