ACCESS Jember Lakukan Exit Test

Menjelang berakhirnya program ACCESS, tim ACCESS Jember melaksanakan Exit Test untuk mengetahui kemampuan akhir peserta setelah mengikuti program ACCESS selama 2 tahun. Exit Test ini merupakan evaluasi tahap akhir guna untuk penentuan kelulusan peserta program. Tes dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 September 2020. Karena dalam masa pandemi, peserta dibagi dalam tiga gelombang tes. Gelombang pertama di pagi hari pk. 08.00-10.30 adalah ACCESS SMA kelas A, gelombang kedua ACCESS SMA kelas B di siang hari pk. 11.00-13.30, sedangkan gelombang ketiga adalah ACCESS UNI pk. 14.00-16.30.

Tes dilaksanakan dalam bentuk TOEFL ITP yang mengukur kemampuan mendengarkan (listening), (structure), dan membaca (reading comprehension) dalam bahasa Inggris. Tes berlangsung kurang lebih 2 jam. Dalam tes ini, peserta juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan terkait pandemi Covid-19, antara lain memakai masker, mencuci tangan sebelum masuk ruang tes, menghindari kontak fisik, dan menjaga jarak aman. Ruang tes pun dibagi dua yang masing-masing berisi sepuluh peserta tes.

Sebagaimana diketahui, UPT Bahasa Universitas Jember dipercayai oleh Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta untuk menyelenggarakan program ACCESS yang merupakan beasiswa belajar bahasa Inggris bagi siswa dan mahasiswa. Program ini berjalan selama 2 tahun, mterhitung mulai Oktober 2018 hingga September 2020. Sebanyak 60 peserta mengikuti program ini setelah melalui seleksi yang sangat ketat. 60 peserta tersebut berasal dari SMA sebanyak 40 orang dan Perguruan Tinggi sebanyak 20 orang.

Selama 2 tahun peserta dilatih kemampuan bahasa Inggris dan budaya Amerika. Semua peserta mendapatkan pelatihan ini secara gratis karena biaya ditanggung sepenuhnya oleh Kedutaan Amerika Serikat. Selain itu, peserta juga mendapatkan uang transport perjalanan mereka dari rumah ke UPT Bahasa. Di era pandemi ini uang transport peserta diganti menjadi uang pulsa Internet.

Instruktur ACCESS berasal dari tenaga-tenaga pengajar yang direkomendasikan UPT Bahasa, antara lain Areta Puspas (dosen FKIP Unej selaku koordinator), Mohammad Fadil dan Ghanesha Hari Murti (keduanya Instruktur UPT Bahasa Unej). Selain itu, ketiga instruktur tersebut didampingin para asisten yang diseleksi dan direkomendasikan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat, yaitu Wirdhatul Hasanah (alumni Sastra Inggris Unej), Milna Wardhatus Sholihah (alumni Pendidikan Bahasa Inggris Unej), dan Agga Dwika (mahasiswa tingkat akhir Pendidikan Bahasa Inggris Unmuh Jember).